Rabu, 10 Oktober 2012

yang mau makin "Perkasa" jalan-jalan ke goa pindul


Pertama kali temen saya nawarin ikutan trip ke gua Kalisuci,saya langsung meng ”iya” kan,wajar saja saya memang hobi menelusuri gua,karena didalam gua saya bisa menemukan hal-hal mengejutkan, goa adalah bangunan alam dengan arsitektur yang indah  karena ada stalagnit dan pilar-pilar yang terbentuk ratusan bahkan ribuan tahun,namun gua-gua di Kalimantan Timur saat ini banyak yang tidak terkelola dengan baik,awalnya saya kira medan goa yang akan saya lalui di Kalisuci ini mirip dengan goa yang ada di goa-goa kalimantan yang kebanyakan pintu masuknya hanya celah sempit dan  berada diatas bukit,tapi ternyata jauuh lebih asikk  karena selain wisata goa kita juga disuguhi wisata air yakni sungai kecil yang jernih berwarna hijau  dan ber arus.Pengelolaan nya juga sudah cukup baik karena dikelola secara swasembada oleh masyarakat sekitar,berjarak sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta saya dijemput oleh rombongan tour berharga 110rb (kalo pergi sendiri sekitar 65rb) rombongan kali itu berjumlah 14 orang (2 mobil) kami pun di bawa ke daerah Gunung kidul tepatnya di daerah Semanu.sesampainya di lokasi  kami turun dirumah  warga yang memang dijadikan sebagai pos yang melayani wisata Kalisuci,sambil menikmati  welcome drink  teh dan kopi hitam kami bersiap-siap memakai pelampung,deker,sepatu bot helm dan ban.setelah  siap,kami dibawa menggunakan pick up sampai ke bibir sungai,pertama kali melihat saya langsung takjub,gak percaya 4 tahun di Jogja baru tau ada tempat dengan pemandangan alam sebagus ini.pemandangan pertama  disuguhi oleh sungai  yang airnya jernih dari kejauhan berwarna hijau sepanjang bibir sungai  dikelilingi dengan batu-batu berwarna kuning,entah mungkin batu kapur atau batu karang karena posturnya seperti batu karang laut.saya langsung menyombong dengan kenalan saya yang orang prancis  “is there a place like this in france??” ia langsung menggeleng,hehehehe (padahal mungkin di prancis juga keren hehehe).tidak sabar,saya pun langsung nyebur.







kami dibawa menyusuri sungai sepanjang sekitar 300-400M pemandangan disekililing didominasi batu,saya pun di tantang untuk loncaat dari atas batu setinggi sekitar 5meter,hmm keciiill……,lokasi loncat aman karena dalamnnya sungai sekitar 10 meter jadi gak mungkin kejedot didasar sungai yang ada juga tenggelem gak balik-balik hehhee,puas maen loncat-loncatan kami lanjutkan perjalanan menuju gua,dari kejauhan sudah terlihat bangunan dari batu yang cukup besar,pintu masuk goanya besar tingkat visibilitas cukup terang karena banyak cahaya yang masuk dari celah celah goa,air di muka pintu goa pun sangat jernih dan bisa diminum,seggeerrr...

1 bulan kemudian saya lagi-lagi mengiyakan ajakan kakak saya untuk cavetubing,karena emang ketagihan jaadinya antusias banget,kali ini di gua pindul, terletak didusun gelaran,desa bejiharjo kecamatan karang mojo kurang lebih jaraknya sama dengan kali suci,konturnya juga hampir  sama namun bedanya sungai yang di lalui lebih pendek,goa yang dilalui juga lebih gelap. uniknya diatas goa terdapat rumah-rumah burung wallet yang dibuat oleh warga serta stalagnitnya lebih unik ada stalagnit terbesar ke 4 didunia,ada stalagnit yang berbentuk kemaluan pria yang disimbolkan sebagai keperkasaan dan dipercaya juga meningkatkan keperkasaan bagi laki-laki yang memegangnya (ada ada aja heheh),ada juga stalagnit awet muda bagi cewe-cewe yang megang bisa langsung jadi lebih muda 10 tahun (lah klo yang megang anak umur 10 thn gimana???bisa berubah jadi janin lag donk),ada juga stalagnit gong jika dipukul akan mengeluarkan bunyi seperti gong, yang seru lagi  batu loncat di gua pindul lebih tinggi skitar 10 meteran jadi loncatnya lebih seru.goanya juga lebih banyak bahkan ada goa kering yang bisa dilalui dengan berjalan kaki.sebenranya di daerah gunung kidul banyak terdapat goa yang bisa dijadikan objek wisata terhitung sekitar 400an goa.satu lagi yang menarik adalah  goa jomblang, yaitu salah satu goa vertical di Indonesia,karena harus berombongan dan harus mempunyai keahlian mamanjat tali karena akses turun satu-satunya ke dalam goa dengan kedalaman 80 meter itu hanya menggunakan tali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar